Makna Hari Pendidikan Nasional dari Sudut Pandang FOSS Users

2 mei (minimize)

Hari ini tanggal 2 Mei, kita memperingatinya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Sebagaian dari kita memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan upacara bendera. Namun apakah Hari Pendidikan Nasional ini hanya sebatas perayaan dengan upacara bendera? Bagaimana cara memaknai Hari Pendidikan Nasional ini?

Setiap orang pasti memaknainya secara berbeda. Namun apapun makna Hari Pendidikan Nasional ini pasti kita semua berharap agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi. Tidak ada orang yang menginginkan kemunduran pendidikan Indonesia, kecuali orang-orang yang memiliki kepentingan tertentu disana.

Jika dalam kurikulum 2013 yang berbasis saintifik “terintegrasi karakter” siswa dituntut untuk mengembangkan berbagai karakter yang salah satunya adalah kejujuran. Maka apakah benar ketika generasi muda selalu diperkenalkan dan dituntut untuk menggunakan perangkat lunak berbayar, yang pada akhirnya mengakibatkan generasi muda menggunakan perangkat lunak bajakan. Pendidikan untuk suatu kejujuran, kejujuran untuk tidak mencuri dan mengambil hak orang lain.

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa lisensi bukan suatu hal yang penting. Sebagian orang tersebut menganggap bahwa menggunakan perangkat lunak bajakan adalah hal yang “lumrah dan biasa”, melakukan cracking software “bukan hal yang dilarang”, dan “tidak perlu” membayar lisensi untuk menggunakan perangkat lunak apapun. Pandangan masyarakat yang demikian merupakan pandangan yang salah dan perlu dilakukan perbaikan.

Pendidikan untuk tidak mengambil hak orang lain. Ketika kita tidak sanggup membeli lisensi untuk suatu perangkat lunak berbayar bukankah akan lebih baik untuk menggunakan perangkat lunak bebas (free software) saja. Misalnya saja, jika kita tidak sanggup membeli lisensi Windows bukankah banyak sistem operasi berbasis Linux yang bebas dan terbuka, jika kita tidak sanggup membeli lisensi Microsoft Office bukankah ada LibreOffice atau WPS Office yang fungsinya sama.

Pendidikan karakter melalui penggunaan perangkat lunak bebas dan terbuka (free and open source software) merupakan sebagian kecil usaha perbaikan karakter bangsa melalui penggunaan teknologi. Dengan menggunakan perangkat lunak bebas dan terbuka, generasi muda diajarkan untuk menghargai hak-hak orang lain, diajarkan untuk tidak mencuri, dan diajarkan untuk saling membantu. Karena pada dasarnya semua pengguna perangkat lunak bebas dan terbuka adalah keluarga. Keluarga yang akan saling tolong menolong jika salah satu anggota keluarga ada yang kesulitan. Hal ini terbukti dengan banyaknya forum-forum pengguna perangkat lunak bebas dan terbuka, baik forum web, grup sosial media sampai grup pada aplikasi messaging (misalnya telegram).

Kami berharap di masa yang akan datang akan terbentuk suatu generasi yang berkarakter baik. Generasi yang tidak memiliki kecenderungan untuk menggunakan atau melakukan pembajakan perangkat lunak. Generasi yang menghargai karya bangsanya sendiri.

Selamat Hari Pendidikan Nasional dan selamat ulang tahun untuk yang merayakan ulang tahun hari ini 😀

2 Comments

  1. gambarnya cantik 😀
    selamat ulang tahun untuk yang merayakan ulang tahun hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *