Mengatasi File dan Folder yang Ter-hidden Virus #2

Salah satu virus untuk sistem operasi Windows yang saat ini banyak beredar adalah virus yang menyembunyikan file-file di penyimpanan eksternal kita, seperti USB flashdisk, SD card, micro SD dan lain sebagainya.

Saat hal itu terjadi jangan panik dan beranggapan seluruh file kita hilang, hal pertama yang perlu dilakukan adalah cek properti penyimpanan eksternal kita. Lihat penggunaan memorinya, apakah masih sama seperti saat sebelum file kita hilang. Jika ya berarti file kita tidak hilang, hanya terhidden oleh virus.

Pada tutorial Cara Mudah Mengatasi File di Penyimpanan Eksternal yang Terhidden Virus di Windows telah dijelaskan cara mengatasi masalah file dan folder yang ter-hidden virus menggunakan Command Prompt, namun jika kamu susah mengingat perintah-perintah yang harus diberikan kamu bisa membuat file command dengan source code dibawah ini.

Pertama buka editor kamu, misalnya notepad, notepad++, atau editor lain.
Kemudian masukkan kode berikut ini.

@echo off
color 0A
cls

title Buat Munculin File yg ilang kena virus

echo Tunggu Bentar ya . . . .

attrib -a -r -s -h /s /d


cls

echo File2nya Udah Muncul Semua (ada di folder yg ngga ada namanya). . . .

pause

Setelah itu simpan dengan ekstensi *.cmd
Selesai.

Untuk menggunakannya tinggal salin file itu ke penyimpanan eksternal kamu (misalnya flashdisk) yang file-filenya ter-hidden, kemudian buka (klik 2x) dan ikuti perintahnya.

win-cmd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *