Cara Menambahkan Domain Di Blogger/Blogspot

Salah satu penyedia layanan website secara instant adalah Blogger. Blogger merupakan salah satu produk Google. Blogger populer digunakan karena selain kemudahannya, juga karena nama besar Google. Selain itu, Blogger juga menyediakan bandwidth yang besar sehingga penggunanya tidak perlu takut kehabisan bandwidth ketika pengunjung blognya banyak. Namun dengan kelebihan-kelebihan tersebut, ada kekurangannya juga yaitu kita hanya mendapatkan subdomain untuk blog kita (misalnya nanajawa.blogspot.com). Selalu ada "blogspot" di URL blog kita. Inilah yang membuat blog kita kurang terlihat keren. Namun Blogger juga menyediakan fitur penambahan URL pihak ketiga yang memungkinkan kita untuk menambahkan domain untuk blog kita.

Berikut adalah cara menambahkan domain di blogger/blogspot

1. Masuk ke Client Area Penyedia Domain Anda

Jika Anda belum membeli domain, bisa membelinya dulu. Beberapa penyedia layanan domain yang pernah saya gunakan antara lain Dapur Hosting, Rumah Hosting, ID Hostinger.

2. Managed DNS

dns1

3. Jika ada pesan, lakukan saja seperti yang diminta.

Misalnya pesan seperti berikut ini.

dns2     dns3

4. A Record untuk IP Google

Klik Add New Record

dns4

Kosongkan kolom Domain, biarkan TTL apa adanya, pilih Record Type A, masukkan IP dengan IP google 216.239.32.21. Kemudian klik Add Record.

dns5

Dengan cara yang sama masukkan empat IP google berikut (termasuk yang tadi).

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

5. Masuk ke Blogger, ke menu Setelan.

dnsx1

Klik Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda, masukkan domain kamu (misalnya www.domain.com). Setalah itu klik Simpan. Akan muncul pesan error.

dns-b

6. Setelah mendapatkan pesan error tersebut, kita kembali ke Managed DNS domain kita. Tambahkan 2 Record lagi dengan Type CNAME.

dns6

Sehingga keseluruhan Records ada 6.

dns7

Setelah itu tunggu beberapa menit atau jam (maksimal 24 jam) untuk proses.

7. Kembali ke Setelan Blog kita, tambahkan domain pihak ketiga kemudian Simpan. Setelah berhasil, beri centang pada kolom Alihkan domain.com ke www.domain.com kemudian Simpan lagi.

dnsx2

Langkah terakhir adalah akses blog Anda dengan domain baru (tanpa blogspot) 😀

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *