Install QFlash, Flash Maker Untuk Linux

Screenshot-QFlash

QFlash merupakan aplikasi untuk membuat animasi flash swf. IDE (integrated development environment) ini bebas dan terbuka (free and open source) sehingga kita tidak perlu membeli lisensi untuk menggunakannya.

Untuk menginstallnya kita tidak bisa langsung menginstall dari repository Ubuntu atau distribusi yang digunakan karena memang tidak tersedia. Kita bisa mengunduhnya dari sourceforge.net (dalam format .tar.gz), namun jika teman-teman kesulitan melakukan installasinya teman-teman bisa melakukan cara berikut.

1. Unduh QFlash dalam format .deb dari tautan dibawah ini kemudian install seperti biasa (menggunakan GDebi Package Installer)

qflash_i386.deb

2. Jika depensinya tidak terpenuhi, maka install depensinya. QFlash memiliki dependesi terhadap libqt3-mt dan libstdc++5.

Untuk menginstall libstdc++5 bisa langsung melalui terminal.

sudo apt-get install libstdc++5

Sedangkan untuk menginstall libqt3-mt.

sudo apt-get install libqt3-mt

Jika tidak bisa menginstall libqt3-mt melalui terminal, bisa mengunduh versi .deb nya dari tautan dibawah ini kemudian install seperti biasa.

libqt3-mt_i386.deb

3. Jika depensi libqt3-mt tidak terpenuhi, maka install juga depensinya. libqt3-mt memiliki dependesi terhadap libmng. Unduh libmng dari tautan dibawah ini kemudian install seperti biasa.

libmng_i386.deb

libmng juga bisa diinstall dari repository Ubuntu langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *