Konsep Kimia Multimedia

Kimia merupakan suatu bidang pengetahuan yang dapat dikatakan abstrak. Banyak teori kimia yang sulit dipahami tanpa adanya visualisasi. Tidak seperti bidang pengetahuan lain yang lebih banyak konsep rill daripada abstrak.

Bagi sebagian besar siswa, bahan kajian kimia cukup sulit dipahami karena sifatnya yang sebagian besar sangat abstrak. Sehingga di kalangan siswa SMA, mata pelajaran kimia dapat dikatakan merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Panggabean dan Silaban (2009), pelajaran kimia masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan menjadi momok bagi peserta didik. Hal ini disebabkan oleh sejumlah besar materi ilmu kimia masih bersifat abstrak, harus diajarkan dalam waktu yang relatif terbatas.

Dengan adanya visualisasi materi kimia dengan multimedia akan dapat memudahkan dan meningkatkan pemahaman konsep kimia bagi siswa. Disamping itu, dengan metode pembelajaran yang multimedia yang menyenangkan akan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Pada akhirnya akan meningkatkan peningkatkan prestasi belajar siswa, karena pada dasarnya terdapat interaksi linear dan signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa.

multimedia

Ada banyak bentuk multimedia yang dapat digunakan pendidik dalam proses pembelajaran, baik berbasis komputer maupun non komputer. Multimedia tersebut antara lain animasi gif, flash, video, aplikasi baik desktop based (untuk platform Windows, Linux, Mac OSX), mobile based (Android, Windows phone, iOS) maupun web based (javascript, java, dll). Aplikasi desktop based saja banyak, baik yang komersial maupun open source. Disamping itu juga telah banyak IDE yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi sendiri seperti Eclipse (untuk java), android studio (untuk aplikasi android), Delphi, Visual Basic, Pascal, dan masih banyak lagi.

aplikasi kimia linux

Penggunaan multimedia untuk pemahaman konsep kimia dalam pembelajaran banyak macamnya. Misalnya saja, untuk media presentasi yang digunakan menggunakan file presentasi (misal LibreOffice Impress, atau Microsoft Powerpoint) yang ditambahkan animasi gif dan video, kemudian untuk tugas siswa menggunakan system e-learning, untuk pengayaan mengunakan aplikasi android, dan untuk ulangan menggunakan quiz dari flash. Dengan pembelajaran menggunakan multimedia tersebut, siswa akan merasa senang dan tidak bosan dengan pembelajaran kimia yang abstrak ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *