Membuat Installer Aplikasi dengan Inno Setup Compiler

Beberapa waktu yang lalu, salah satu teman menanyakan apakah program yang telah dibuat dengan suatu compiler dapat dibuat installernya. Misalnya saja kita membuat program dengan Delphi atau VB kemudian kita ingin memaketnya (program dan komponennya) menjadi suatu installer. Secara sederhana, prinsip kerja suatu installer adalah mengekstrak komponen-komponen program di direktori program Windows (defaultnya C:\Program Files\).

in0,0 in0

Kemudian saya mencoba membuat installer dengan WinRar. Caranya dengan membuat SFX Archive dengan setting seperlunya. Setelah proses archiving selesai, saya coba jalankan. Hasilnya memang dapat berjalan lancar dan program yang diinstall dapat berjalan lancar, akan tetapi untuk menguninstallnya harus dengan cara menghapus file-file dan folder aplikasi kita di direktori program file. Hal ini karena program WinRar tidak dapat membuat uninstaller hasil ektrak.

in0,0,0

Salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat paket installer program beserta uninstallernya adalah Inno Setup Compiler. Program ini merupakan suatu compiler yang dapat digunakan untuk membuat paket installer program dan uninstallernya, membuat shortcut, registry dan lain-lain. Seperti compiler lain, kita juga dapat menambah atau mengubah installer yang kita buat dari source codenya.

Berikut ini adalah paket installer Aplikasi Distribusi Probabilitas hasil compile dengan Inno Setup Compiler

download

Langsung saja kita mulai membuat paket installer program dengan Inno Setup Compiler.

  1. Pertama siapkan program yang telah kita buat, misalnya dengan Delphi, VB, java atau yang lain. Masukkan dalam satu folder beserta komponen-komponen programnya seperti file-file gambar, icon, lisensi, dll.
  2. Buka Inno Setup Compiler. Jika belum memilikinya bisa unduh dari tautan dibawah ini dan install seperti biasa.

          http://www.jrsoftware.org/

  1. Buatlah Script baru menggunakan Script Wizard. Ikuti langkahnya sampai selesai.

in1  in2  in3  in4  in5  in6  in7  in8  in9  in10  in11

  1. Compile script yang telah dibuat untuk membuat installer program kita (setup.exe)

in12

  1. Setelah proses compiling selesai, buka destinasi folder proses compiling dan lihat apakah installer (setup.exe) program kita telah ada.

in13

  1. Coba jalankan installer program yang telah kita buat dan install programnya. Setelah itu coba jalankan programnya dari start menu.

in14  in16

  1. Inno Setup Compiler juga membuat uninstaller dan registry, sehingga untuk menguninstall program kita dapat melakukannya seperti proses uninstall aplikasi biasa (dari Control Panel à Programs à Programs and Features atau dengan menjalankan uninstaller programnya)

in15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *