Trik Membuat Direct Download

Sebagian orang pasti tidak menyukai proses download file yang sulit (misal ziddu), perlu login (misal 4shared) dan banyak iklan, apalagi kalau harus menginstall downloader terlebih dahulu. Meskipun mungkin konten file tersebut bagus, sebagian orang (termasuk saya) lebih memilih mencari web lain yang cara download filenya mudah.

Berikut adalah tips untuk membuat direct download file.

1. Menggunakan hosting

Jika Anda menggunakan hosting dengan unlimited space dan bandwidth Anda bisa menggunakannya sebagai tempat menyimpan file Anda. Namun jika hosting Anda limited, tidak disarankan karena akan menambah used space dan bandwidth yang terpakai jika digunakan.

2. Menggunakan Dropbox

Cara ini lebih disarankan jika Anda menggunakan limited hosting atau tidak menggunakan hosting, misalnya blogspot, wordpress.com atau yang lain. Penggunaan cloud tidak akan menambah beban server untuk blog.

Dropbox adalah layanan cloud storage (penyimpanan awan) yang populer. Dropbox menyediakan space 2 GB untuk free account dan akan diberikan tambahan space untuk aktivitas yang dilakukan, misalnya menginstall dropbox di PC atau ponsel, berbagi file & folder, dll. Dropbox juga aman digunakan. Dropbox dirancang dengan perlindungan berlapis-lapis, termasuk pemindahan data yang aman, enkripsi, konfigurasi jaringan, dan kontrol pada tingkat aplikasi-dan-pengguna yang didistribusikan di seluruh infrastruktur yang aman dan terus meningkat.

Untuk membuat direct download dengan dropbox, pertama upload file Anda di dropbox.

Kemudian klik "Share" atau "Bagikan" pada file Anda.

dropbox

Copy link file dan paste di blog Anda, lalu ubah "www" menjadi "dl" (di bagian awal link) dan "dl=0" menjadi "dl=1" (di bagian akhir link)

Contoh

https://www.dropbox.com/s/kodeacak/namafile.abc?dl=0

diubah menjadi

https://dl.dropbox.com/s/kodeacak/namafile.abc?dl=1

Setelah itu coba direct download yang telah dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *